Selasa , Juni 2 2020
Home / Berita / Cegah Corona; Santri dan Alumni Cekok Harap Amalkan Istighotsah KH Hasyim Asy’ary

Cegah Corona; Santri dan Alumni Cekok Harap Amalkan Istighotsah KH Hasyim Asy’ary

Ning Shofi, putri ke empat Romo Kyai Fachruddin (alm) dalam keterangannya Senin (31/3) kemaren menghimbau kepada segenap santri dan alumni Pondok Pesantren Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo untuk terus berupaya melakukan hal-hal yang sifatnya mencegah terjangkitnya virus corona.

“Ikhtiyar dhohir wajib, yaitu mengikuti aran standar dan protokol pemerintah dalam hal pencegahan virus corona dan ikhtiyar batin juga harus, salah satunya adalah mengamalkan awrot istighotsah KH Hasyim Asy’ary yang pernah di ijazahkan oleh abah kepada kita semua”. Terang Wakil Sekretaris JP3M Jepara.

Adapun teks awrod sebagiaman berikut:

Sebagaimana diberitakan sebelumnya oleh NU Online pada Kamis, 15 Juni 2017 bahwa awrod ini menurut  Agus Zaky Hadziq, mungkin belum banyak diketahui khalayak umum. Namun dirinya yakin istighotsah itu beredar di kalangan santri pendiri pesantren Tebuireng Jombang ini.

“Saya dapat istighotsah Mbah Hasyim itu dari salah satu santri Tebuireng yang menjadi pengasuh pesantren Thoriqul Huda Ponorogo. KH Fahruddin Dasuki,” tuturnya.

Gus Zakky yang merupakan cucu KH Hasyim Asyari ini mengungkapkan, KH Fahruddin saat menjadi santri Tebuireng mendapatkan ijazah istighotsah dari KH Choliq Hasyim salah satu putra Mbah Hasyim Asy’ari.

“Kebetulan, beberapa bulan sebelum wafatnya, KH Fahruddin, saya sempat bersilaturrahim ke Pesantren Thoriqul Huda Ponorogo. Waktu itu beliau memberikan wirid istighotsah itu, katanya beliau mendapatkan istighosah itu dari KH Choliq Hasyim salah satu putra Mbah Hasyim Asy’ari,” imbuhnya.

KH Choliq Hasyim merupakan generasi ke 5, sebagai pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, Sebelumnya, pesantren Tebuireng dipimpin KH Hasyim Asy’ari selaku pendiri, kemudian dilanjutkan KH Wahid Hasyim, KH Abdul Karim Hasyim, KH Bidlowi dan KH Choliq Hasyim.

Menurut Gus Zaky, ada secuil kisah tentang istighotsah tersebut. Konon KH Hasyim Asy’ari pernah memprediksi akan terjadinya gonjang-ganjing yang akan menimpa Indonesia wa bil khusus Nahdlatul Ulama.

“Istighotsah ini sudah selayaknya diamalkan para pengurus dan jamaah NU dimanapun berada, “pungkasnya.

About admin

Tinggalkan Balasan